Laman

Rabu, 26 Juli 2023

TIMER PERT OTOMATIS ARDUINO

Selamat Pagi/siang/sore/malam semua.... salam smart untuk kita semua.


Oke,, kali ini saya akan membagi tutorial bagaimana membuat timer otomatis dengan arduino. Projek ini saya buat untuk membantu saya memanajemen peralatan listrik pada aquascape saya di rumah, jadi saya tidak perlu setiap hari mematikan lampu aquascape dan Selenoid Co2 dengan adanya alat ini sedikit membantu saya mengontrol peralatan listrik aquascape saya secara otomatis,, selain itu saya terkadang juga bepergian jauh dengan adanya alat ini saya tidak perlu kawatir dengan aquascape saya. Nah dari kasus ini saya berpikiran untuk membuat timer otomatis untuk peralatan listrik di aquascape saya, jadi nyala dan matinya lampu bergantung pada waktu yang sudah kita tentukan,sudah tidak menggunakan saklar manual lagi.



Oke langsung saja...,yang kita perlukan yaitu :



1. Arduino (dalam hal ini saya memakai arduino pro mini)

2. Modul RTC DS3231

3. LCD 16x2 I2C (Opsional sebagi penampil jam)

4. Modul relay (untuk projek ini saya membuat sendiri modul relay dengan part relay 12V atau yang 5V.

5. Adaptor 5V dan 12V seperti tampak pada gambar dibawah ini.



 Bagaimana cara merangkainya???.

Rangkaiannya seperti ini....


Klik Gambar untuk memperbesar




Jika rangkaian sudah jadi saatnya kita memprogram.. untuk sketch bisa juga mencari referensi lain...
Saya menggunakan sketch seperti ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar